Powered By Blogger

Wednesday, January 7, 2015

Z launcher, antarmuka sederhana, asa besar nokia di android.

Nokia mobile, yang kini telah diakuisisi oleh microsoft sejatinya pernah mengeluarkan ponsel-ponsel android seperti nokia x, x+, xl dan x2. Tapi kini semua produksi nokia android telah dihentikan dan digantikan dengan windows phone sepenuhnya.

Namun, secara mengejutkan nokia kembali merilis gadget dengan os android, memang sih bukan smartphone, tetapi tablet. Tablet tersebut dinamakan nokia n1.

Nokia N1 memiliki hardware yang keren, processor yg cukup tangguh, os android lollipop dan penggunaan launcher buatan mereka sendiri yang dinamakan Z launcher. Kali ini penulis akan sedikit mengomentari launcher buatan nokia ini.

Z launcher dapat diinstall dengan mudah dan ringan oleh sebagian besar ponsel android yang beredar saat ini. Dengan besar file instalasi hanya belasan MB tentunya tidak akan memakan banyak memory. Ketika diinstall di ponsel penulis yang berprocessor octa-core 1,7GHz dan RAM 2GB berjalan mulus, hehehe. Ketika dicoba dengan ponsel yg agak jadul, processor A9 single core 1GHz & RAM 512MB, Z launcher juga masih berjalan mulus.

Masuk ke antarmuka pengguna, Z launcher menawarkan kemudahan dan kesederhanaan dalam penggunaannya. Pengguna bisa menulis huruf, angka atau karakter dari menu yang ingin diakses. Tidak hanya menu, kita juga bisa menuju kontak dan pesan hanya dengan menulis inisial yang kita tuju.

Selama penggunaan Z launcher, tidak pernah terjadi hang. Launcher ini sangat ringan dan tidak membebani kinerja ponsel.

Terlepas dari kelebihan diatas, Z launcher juga punya beberapa kekurangan. Menurut penulis, fungsi Z launcher ini terlalu sederhana sehingga lama-lama akan menimbulkan kesan bosan pada penggunanya. Lalu antarmuka pengguna yang disajikan juga akan sedikit membuat kebingungan pengguna barunya.

No comments:

Post a Comment